RSS

Edogawa Ranpo : Antara Bungou Stray Dogs & Trickster

21 Oct

Kemarin siang pas gua lagi santai dan gak ada kerjaan dan bisa di bilang gua gabut sekali gua cek grup kesayangan gua DOLLARS INA, yang belakangan jadi DOLLARS INU, entah mungkin dedikasi untuk bang Inu kali yaa gatau dah. Jadi ada member yang nanya “apa hubungannya Edogawa Ranpo di Bungou Stray Dogs ama Edogawa Ranpo di Trickster.

https://myanimelist.cdn-dena.com/images/characters/5/303819.jpg

Nah emang gua juga kepo sih sejak episode pertama Trickster karena judul lengkap ini anime yang bikin gua mikir, apakah ini maksudnya spin off tentang Edogawa Ranpo yang di Bungou Stray Dogs atau apa gitu, ternyata pas episode satu itu gak ada sosok Ranpo nya, lah ini apa dong. Karena judulnya Trickster: Edogawa Ranpo “Shounen Tanteidan” yori,  dan gua juga bodoh dalam bahasa jepang jadi menelan itu mentah mentah tanpa tau arti sebenarnya dari judul ini hahahahah. Karena memang judul dalam bahasa Inggrisnya hanya Trickster saja ( mendadak formal ). Tapi kalau buka wikipedia maka akan muncul judul Trickster: From Edogawa Ranpo’s “The Boy Detectives Club” dan gua baru buka wikipedia saat gua menulis ini hahahahah ( timpukin ). Monggo aja di cek di link ini.

https://i0.wp.com/www.animenewsnetwork.com/thumbnails/max1000x1500/cms/news/102716/trickstervisual.jpg

Dan karena kemaren ada yang bahas itu di grup, gua akhirnya memutuskan untuk kepo lebih lanjut mengenai ini, karena kayaknya seru aja gitu yah. Jadi sebenernya siapa sih Edogawa Ranpo itu ?? Apa hubungan Trickster dan Bungou Stray Dogs ? TERNYATAAAAA TIDAK ADA HUBUNGANNYA SAMA SEKALI.

what ?

why ?

kok ?

Ya jadi gini setelah gua telusuri, Trickster itu diangkat dari sebuah cerita yang dibuat oleh author bernama pena Edogawa Ranpo, jadi author ini memang terkenal dengan cerita detektifnya yang sangat terkenal di era nya gitu. Untuk lebih jelasnya silahkan cek link wikipedia ini yah. Nah kan terus siapa dong Edogawa Ranpo di Bungou Stray Dogs ? Ya dia Edogawa Ranpo aja, maksudnya ya dia itu cuma sebatas karakter di anime itu. Tapiiiii mungkin sang mangaka ini ter inspirasi dari Edogawa Ranpo yang author ini, karena beliau kan sangat terkenal dengan cerita-cerita detektifnya. Bisa dilihat kan di manga dan anime Bungou Stray Dogs kalau Ranpo ini adalah seorang detektif yang beneran handal, dan hampir bisa memecahkan semua kasus yang dia hadapi. Nah mungkin juga si mangaka ini adalah penggemar dari karya Edogawa Ranpo itu sendiri, dan mungkin udah izin dulu sebelumnya sama yang punya nama buat pake namanya di karya nya ini. Who knows lah ya ?

Seperti halnya nama Osamu Dazai, nah nama salah satu peran kunci di Bungou Stray Dogs ini juga di ambil dari nama seorang author berkebangsaan Jepang yang terkenal karena menurut info wikipedia pernah melakukan beberapa percobaan bunuh diri namun gagal, tapi pada akhirnya dia meninggal karena bunuh diri juga sih. Silahkan cek link dan baca-baca aja referensi lainnya untuk info lebih lanjut ( JANGAN MALES BACA ). Begitupun Osamu Dazai di Bungou Stray Dogs juga hobi melakukan percobaan bunuh diri, inget banget episode satu dia berusaha bunuh diri di sungai. Jadi, Edogawa Ranpo yang di Trickster dan Bungou Stray Dogs itu hubungannya satu, sama nama nya aja. Tapi dari segi cerita itu gak ada hubungannya sama sekali. Kedua ceritanya di tulis oleh orang yang berbeda dan salah satunya terinspirasi oleh yang satunya ( bingung gak ? iya sama ). Cerita keduanya seru kok, dan gua juga menunggu banget cerita-cerita lain Edogawa Ranpo di jadiin anime, karena gua gak menemukan dimana bisa membaca karya Edogawa Ranpo yang lain jadi gua menikmati animenya aja yang lagi running. AAAAA Trickster itu seruu banget hahaha soalnya ada karakter berambut putih dan fragile haha gemes gemes gemes. Dan Bungou Stray Dogs juga udah masuk season ke 2 nya, waaahhh horeeee. Ada om om ganteng lagi hahaha.

Begitulah sedikit tentang Edogawa Ranpo, dan gua juga lagi nyari-nyari info lain tentang beliau, semoga bisa nemu cara untuk membaca karya-karya beliau yang lain. Jangan lupa untuk nonton Trickster dan Bungou Stray Dogs 2nd Season ( promosi ini tidak berbayar, hanya demi husbando ). Jaaaaaaa….

cr pict : from google

Save

Advertisements
 
5 Comments

Posted by on October 21, 2016 in Anime, bodo amat, gabut, Story

 

Tags: , , ,

5 responses to “Edogawa Ranpo : Antara Bungou Stray Dogs & Trickster

  1. Fahrin Risandini Beundth

    October 27, 2016 at 4:02 am

    Ranpo Kitan: Game of Laplace jg anime berdasarkan dari karya edogawa ranpo.. nama karakter nya akechi dan kobayashi jg

     
    • naohiragidesu

      October 28, 2016 at 3:00 am

      wah begitu yah, nice info nih soalnya aku belom liat Ranpo Kitan.

       
  2. Hiro Kuroru

    December 27, 2016 at 10:30 am

    Karakter dari anime Bungou Stray Dogs rata-rata diambil dari nama Sastrawan jepang.:)

     
    • Hiro Kuroru

      December 27, 2016 at 10:31 am

      Bukan rata-rata dink, hampir semua

       
      • naohiragidesu

        December 27, 2016 at 12:26 pm

        hhahaha benar, hampir semuanya dari sastrawan jepang yah

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: