RSS

Sok Sok ngasih Tips

19 Oct

Seiring bertambahnya kesibukan gua yang bisa di bilang tanpa ampun, dan yah gak banyak orang tau gua sibuk karena gua masih bisa balesin chat di line baik itu grup maupun private chat. Itu semua gua lakukan sambil kerja dan belajar demi mengurangi stress. Pasti kalian bakal mikir itu gak efektif buat kerja dan belajar gua. Mungkin bagi kalian begitu tapi enggak buat gua sih, kadang gua harus banget nengok chat di grup soalnya kan kadang suka ada jokes jokes receh gitu kan di grup nah gua seneng bacainnya. Ibarat kata baca chat di grup itu menaikkan mood yang kadang turun karena sumpek ama kerjaan. Atau kalo lagi badmood gara-gara kerjaan yang banyak, atau atasan yang rada-rada rese bisa sekalian di tumpah ruahkan di grup. Intensitas gua liat chat itu palingan 2 menitan lah, terus lanjut kerja lagi. Begitupun saat belajar gua gitu, pusing, mumet, lieur gua langsung buka grup chat kelas mencari pencerahan, atau ke grup chat anime gitu nyari-nyari info anime, tapi apa yang gua dapat, kalau buka grup DOLLARS INA yang gua dapat hanyalah kemesuman si Gami ama si Dion. Plus kak Dota.

Tapi ya walau bahasannya penuh dengan hal-hal yang berbau mesum tapi lumayan sih hiburan, bukan berarti gua suka hal-hal mesum yah. Cuma bahasan mesum mereka itu parah banget imajinasinya. HAHHAHAHAHA. Gak akan gua jelasin kayak apa sih, masa iya gua jelaskan disini sungguh tidak berfaedah. Oke baiklah gua pengen nih sekali-kali memberikan bahasan yang rada berfaedah bagi blog gua dan para readersnya ( jika ada ). Kali ini gua mau berbagi tips BIAR GAK STRESS dalam menghadapi pekerjaan, atau pelajaran, atau tugas kuliah atau apapun yang bikin lu STRESS. Tapi ini gua tulis berdasarkan pengalaman gua dalam bekerja dan kuliah yah. Jadi ya udah kalo yang bisa diterapkan ya monggo di terapkan, kalo gak bisa ya udah gak maksa da tidak ada unsur paksaan ateuh kan cuma sharing si aku mah.

  1. Tips biar gak stress yang pertama : Lupakan kerjaan dan tugas kuliah sejenak kalau udah sampe rumah, begitu masuk pintu rumah udah lupain yang namanya kerjaan sejenak. Gelosotan dulu ama kasur sejenak, terus pas udah puas gelosotan, silahkan mandi, terus makan. Re-charge energi mu yang udah banyak keluar seharian di kantor dan di kampus. Nonton tv dulu atau nonton anime kalo gua mah, satu episode aja udah cukup, durasi 24 menit itu udah cukup lah ngilangin penat. Nah setelahnya baru lah kerjain kerjaan yang memang harus dikerjakan, pikiran udah mulai seger, badan juga udah bersih, fresh, perut udah kenyang, energi udah kembali, kalau diajak kerja lagi pun kayaknya udah enak aja, walaupun sebenernya lebih enak kalo gelendotan ama kasur terus tidur sih. Kalau memang gak ada kerjaan atau tugas mending langsung tidur sih.
  2. Ngobrol, percayalah dengan ngobrol berbagi pikiran atau ngobrol santai ngomongin isu-isu atau trend saat ini itu mengurangi stress, jangan ngobrolin soal nasib lu yang jomblo karena kalau lu tipe orang yang amat sangat mempermasalahkan status lu pasti akan terbebani dan stress. HAHAHHAHAHA. Ngobrol ama ortu gitu atau ama temen deket. Mau itu via telepon, chat, atau tatap muka itu akan sangat membantu lu mengurangi stress. Terutama buat lu yang tinggal ngekost jauh dari keluarga, coba deh dalam sehari atau seminggu dua kali nelpon keluarga, lumayan mengurangi home sick. Atau kalo suka yang rusuh ya ngobrol di grup chat seperti yang gua lakukan, ngobrolin game, anime, ampe isu-isu terkini, status seseorang, berita LINE TODAY, apa aja di bahas itu bantu banget meringankan pikiran kita yang udah mumet. Atau kalo ada temen yang hampir tiap harinya chat ama kita itu juga lumayan membantu buat kita berbagi cerita kita hari itu. Belakangan temen chat gua jarang chat karena sibuk, chat gua lagi dong sayang ( lah ).
  3. Buat weekend jadi waktu yang paling menyenangkan. Misalnya : Hangout ama temen-temen, atau ama keluarga, kalau lu tipe mager ya minimal lakukan aktifitas sama keluarga misalnya jogging gitu, atau biar gaya dikit ke area Car Free Day scanning cogan dan cecan  ( itu mah kerjaan gua cari cogan ).
  4. Olahraga teratur, selain bikin badan seger lagi, juga bikin fresh pikiran, olahraga ringan aja kayak lari, atau senam, yoga kalo yang mungkin terbiasa yoga.
  5. Ubah tata letak kamar tidur minimalnya dua bulan sekali, kamar yang rapih, bersih, dan nyaman bikin enak istirahat, bikin rileks juga kan. Kamar adalah tempat yang paling sering kita diemin kan, tidur, ngerjain tugas, ngegalau biasanya kan di kamar. Nah ubah tata letak kamar biar gak bosen, sekalian di bersihin juga dan dibuat senyaman mungkin, biar kita juga betah ngerjain tugas lama-lama di kamar.
  6. Makan makanan kesukaan kalian, tapi kurangin makanan yang mengandung MSG alias micin.
  7. Belajar me manage waktu, bagi waktu kerja, waktu ngerjain tugas kuliah ( buat yang kalian kerja sambil kuliah kayak gua ), dan waktu tidur kalian. Ingat tidur itu penting dan amat berharga jangan korbanin terlalu banyak waktu tidur, kalau memang harus begadang semalaman usahakan besoknya tidur lebih awal. Gua pernah gak tidur selama 3 hari dan setelahnya gak bisa bedain mana nyata dan mana gak nyata. Bahaya sekali. Nabrak pula untung nabrak tiang sih.

Nah mungkin tips-tips biar gak stress dari gua cuma sekian aja sih, sebenernya masih banyak banget sih, tapi gua masih ngantor dan ini nulisnya disela-sela jam kantor ( lagi gabut baru kelar laporan keuangan ). Jadi kalau mau tips-tips yang lain ya bisa lah chit chat ama gua di line atau mau email mungkin, silahkan. Yuk ah jaka sembung naek angkot, bang kiri bang. Dadaaaahhh.

Save

 
Leave a comment

Posted by on October 19, 2016 in bodo amat, Curhat, gabut, tips

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

 
